Implementasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra


(Bidang Ilmu yang Berkaitan dengan citra)


Gambar di atas adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan citra. Sebelum kita masuk ke implementasi dari grafik komputer dan pengolahan citra, kita bahas sedikit perbedaan dari grafik komputer dan pengolahan citra.

Apa Itu Grafik Komputer?

Grafik Komputer adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Atau dengan kata lain yaitu teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek di alam nyata (realism).

Apa Itu Pengolahan Citra?


Pengolahan citra adalah memperbaiki kualitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik (peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik (rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik). 

Pengolahan citra juga dapat dikatakan melakukan pemilihan citra ciri (feature images) yang optimal untuk tujuan analisis, melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra.

Tidak hanya itu, melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data juga dikatakan sebagai pengolahan citra.


Nah, setelah kita tahu perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra, mari kita simak implementasi grafik komputer dan pengolahan citra.

Implementasi Grafik Komputer


  • Bidang Hiburan

Pada bidang hiburan, teknik visual efek ini sering digunakan pada film-film Hollywood seperti The Avengers, Avatar, Star Wars, dan masih banyak lagi.

Computer-Generated Imagery atau biasa disingkat sebagai CGI adalah sebuah teknik pencitraan 3D yang dilakukan oleh komputer pada media tertentu. CGI termasuk ke dalam golongan spesial efek yang biasa digunakan dalam pembuatan film, acara televisi, iklan dan game.

Mengutip Business Insider, CGI serupa dengan teknik animasi tradisional. Dalam teknik animasi tradisional, suatu gerakan dibuat melalui rangkaian gambar-gambar yang saling bertautan. Umumnya, sebuah gambar bergerak tercipta dalam ritme 24fps (frame per second). Artinya, dalam 1 detik, terdapat 24 gambar yang saling bertumpuk yang menciptakan satu harmoni gerak.

  • Bidang Seni
Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art untuk menghasilkan karya-karya seni. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya.

Membuat seni tiga dimensi atau 3D modelling adalah salah satu contoh dari penerapan grafik komputer.  3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D  yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya. Pengertian lainnya adalah sebuah teknik dalam komputer grafis untuk memproduksi representasi digital dari suatu objek dalam tiga dimensi (baik benda mati maupun hidup).

Sebenarnya, konsep dasar dari 3D Modelling adalah pemodelan. Pemodelan sendiri adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.

  • Bidang Industri


Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

Desain arsitektur contohnya. Desain arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk menyatakan imajinasi dan ilmu mereka ke dalam suatu rancangan bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup perancangan dan pembangunan di suatu lingkungan, baik mikro maupun makro.

Di tingkat mikro, desain interior mencakup masalah desain bangunan, desain perabot, dan desain produk. Di tingkat makro, desain arsitektur mencakup masalah perencanaan, kota, perencanaan perkotaan, dan dan arsitektur lanskap. Arsitektur juga termasuk ke dalam seni rupa terapan.

Implementasi Pengolahan Citra

  • Bidang Kesehatan
Rontgen merupakan pemanfaatan dari ilmu pengolahan citra. Mengapa penerapan dari rontgen tadi merupakan pengolah citra bukan grafika komputer? Karena dalam foto rontgen tersebut, diambil dari atas sebuah capture/gambar atas dasar tersebut foto rontgen masuk dalam penerapan ilmu pengolahan citra. nantinya hasil dari foto rontgen tersebut akan digunakan oleh dokter untuk melakuakn diagnosa penyakit yang dialami pasien.



  • Bidang Penginderaan Jarak Jauh
Pernah memakai aplikasi mapping yang disediakan oleh pihak google, atau lebih dikenal sebagai aplikasi google mapping. Nahh aplikasi tersebut juga merupakan penerapan dari ilmu pengolahan citra, masuk dalam kategori ilmu pengolahan citra karena pihak google sendiri menggunakan metode pemotretan sebuah capture/gambar atas kondisi yang akan ditampilakan pada aplikasi google mapping miliknya, atas dasar pengambilan sebuah captute/gambar tersebut maka google mapping tersebut telah menerapkan sebuah ilmu pengolahan citra.

  • Bidang Penelitian

Mikriskop elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam  patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.


Komentar